Kajian Identitas Visual Video Travel Pariwisata Indonesia “Wonderfull Indonesia: A Visual Journey” Yang Memicu Reaksi Youtuber Mancanegara

  • Dwisanto Sayogo STSRD VISI
Keywords: video travel, identitas visual

Abstract

Pada bulan Desember 2016, muncul sebuah video travel yang ada di Youtube berjudul “Wonderfull Indonesia; A Visual Journey” yang bertujuan mendongkrak pariwisata Indonesia. Video tersebut berhasil menarik minat youtuber mancanegara sampai kisaran 173.226.000 penonton sampai pertengahan bulan maret 2017. Menariknya, video tersebut memicu para Youtuber melakukan video reaction, yaitu sebuah tren mengevaluasi video berbasis ekspresi terhadap video yang dianggap fenomenal.

Penelitian ini merupakan pencarian identitas visual pada sebuah video yang fenomena yang mampu membuat ribuan youtuber dari para penjuru dunia melakukan video reaction. Dalam pencarian identitas, yang digunakan menggunakan  analisis antar komponen yang kemudian akan didapatkan sebuah identitas. Elemen atau unsur yang ditentukan bersumber dari hasil wawancara dengan para traveller mancanegara yang memahami seluk beluk Indonesia dan membandingkannya dengan representasi Indonesia yang diangkat video tersebut. Hasil dari penelitian ditemukan beberapa identitas utama diataranya, obyek yang diangkat oleh para video traveller merupakan alam yang masih asli, terdapat 2 tokoh sentral yaitu pembuat film dan penduduk asli, setiap tempat terdiri dari 2 adegan yang berisi aktivitas dan hasil aktivitas, Penggunaan model kamera baru yaitu drone dan kamera action, yang masing-masing berfungsi sebagai transisi antar adegan dan persepsi yang seolah mengajak penonton berinteraksi, dan warna yang digunakan adalah dominasi warna monokromatik yaitu warna yang memberi kesan efek memberi kenyamanan, sekaligus menyatukan interaksi antara manusia dengan alam.

Published
2017-11-12